Keris Pasopati Adeg Junjung Derajad

Februari 28, 2017






Dhapur : Pasopati
Tangguh : Estimasi Mataram Senopaten
Abad ke : XV
Pamor : Adeg dan Junjung Drajad (Lintang Kemukus)
Luk : Lurus
Ukiran : Surakarta wanda Maraseba kayu awar-awar
Warangka : Ladrang Surakarta wanda Kadipaten Anem kayu trembalo
Pendok : Blewah polos kuningan gaya Surakarta
Mendak : Parijata model sederhana
Panjang : 43 cm
Berat : 175 gr

Keris Pasopati ini memiliki pasikutan yang tangkas dan terampil. Bilahnya memakai ada-ada dengan permukaan nggigir sapi. Ricikannya kembang kacang pogok, lambe gajah, sogokan rangkap, dan ri pandan. Ukuran bilah tergolong panjang tapi ramping khas tangguh Mataram. Warna besinya hitam dengan pamor yang pandes dan ngawat. Pesinya puntiran masih utuh.

Pamornya bolak-balik yakni Junjung Derajat (Ujung Gunung) di bagian sor-soran kemudian menyambung pamor Adeg sampai ujung bilah keris. Pamor Adeg diyakini menjauhkan dari serangan ilmu hitam dan tolak bala. Pamor Junjung Derajad diyakini memudahkan pemiliknya naik pangkat. Sebagian orang ada yang menyebut pamor keris ini Lintang Kemukus yang dianggap mempunyai tuah untuk mencari popularitas sekaligus mencari rejeki.

Keris Pasopati Adeg Junjung Derajad ini dijamin keris kuno dan sepuh asli BUKAN keris kamardhikan atau buatan baru. Kami berikan bonus singep khas Solo. Monggo yang berminat ada rasa ada jodoh hubungi kami via SMS/WA 0852-3682-9966.

Mahar istimewa
Rp 3.750.000

Tosan Aji adalah istilah bahasa Jawa untuk senjata tradisional yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai benda pusaka. Di sini kita belajar dan berbagi informasi seputar Tosan Aji seperti Keris, Tombak, dan benda pusaka lainnya.

Artikel Terkait

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »