Pengertian Tosan Aji

April 02, 2013
Pengertian Tosan Aji adalah istilah bahasa Jawa untuk segala senjata tradisional yang terbuat dari besi yang dianggap sebagai pusaka. Istilah ini sering diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai senjata pusaka atau senjata tradisional. Pengertian Tosan Aji secara harfiah adalah besi mulia atau besi yang bernilai tinggi. Jenis senjata yang tergolong Tosan Aji cukup banyak antara lain keris, tombak, pedang, badik, wedung, anak panah, kujang, kudi, dan lain sebagainya.

Umumnya, Tosan Aji memiliki tempat khusus, baik dalam fungsinya sebagai senjata bela diri maupun fungsi isoterisnya. Perlakuan pada benda pusaka ini berbeda dengan perlakukan pada pisau dapur, cangkul, pahat, dan benda besi lainnya yang tidak dianggap sebagai benda pusaka. Hampir semua suku di Indonesia menganggap bahwa benda pusaka memiliki kekuatan gaib (segi isoteri). Mereka yang meyakini kekuatan gaib tersebut menghargai Tosan Aji sebagai benda budaya warisan nenek moyang yang khas, indah, dan antik.

Keris, yang merupakan salah satu Tosan Aji paling dikenal, adalah warisan budaya Nusantara yang pantas kita banggakan. Dalam benda budaya itu tercermin pengetahuan metalurgi yang tinggi. Teknik pembuatannya melibatkan kecanggihan keahlian dan rasa seni yang mengagumkan, bahkan juga olah rohani dan laku yang untuk zaman ini mungkin sudah langka atau tinggal sebatas cerita lama.

Karena faktor olah rohani dan laku itulah, keris juga diselimuti dengan kisah-kisah misteri, yang sampai kini masih mempesona banyak orang, sampai-sampai sebagai benda misterius banyak orang yang menyikapinya dengan campuran antara cinta, takut, dan takjub. Website Tosan Aji ini secara komprehensif menyajikan kelengkapan informasi seputar keris, yang akan sangat bermanfaat bagi anda, para pencinta warisan budaya adiluhung ini.

Dikutip dengan perubahan seperlunya dari: Ensiklopedi Keris

Tosan Aji adalah istilah bahasa Jawa untuk senjata tradisional yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai benda pusaka. Di sini kita belajar dan berbagi informasi seputar Tosan Aji seperti Keris, Tombak, dan benda pusaka lainnya.

Artikel Terkait

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »